Arung Jeram Tubing Sinatah Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar

Posted by wisata karanganyar on Minggu, 08 Januari 2017

Di wilayah Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar ada beberapa lokasi yang dapat dijadikan sebagai area rekreasi ataupun piknik untuk meregangkan otot serta pikiran. dari mulai wisata kuliner di Ndoro Dongker, Bale Branti, Mbak Ning, Resto Kemuning serta Rumah Makan Nova, dan juga kampoeng karet atau kampung karet. selain itu ada juga wisata pemandangan alam di air terjun jumog, Area perkebunan teh, kebun karet dan juga parang ijo. Sedangkan wisata sejarah dan religi di candi cetho dan candi sukuh. Wisata olahraga ekstrim extreme juga di sediakan di daerah ngargoyoso yaitu paralayang di daerah atas area kebun teh dan arung jeram mini di dusun gadungan girimulyo ngargoyoso dengan tubing kali senatah dan arung jeram tubing gunung cilik di dekatnya. 
Secara gambaran pengalaman rafting di kali senatah gadungan adalah dengan peralatan berupa ban yang di modifikasi sedemikian rupa digunakan sebagai sarana mengarungi sungai, kemudian decker pelindung tangan dan kaki serta helm dan juga pelampung. Karena jika menggunakan kapal karet akan mengalami kesulitan melewati bebatuan yang bertebaran di kiri kanan arus.
dari segi kedalaman secara umum tidaklah membahayakan karena hanya sedalam sepinggang, akan tetapi dari segi arus deras dan bebatuan yang ada akan sangat memacu adrenalin. gambaran umum adalah anda akan mengalami meluncur selama 30-45 menit di kali sinatah,. Prakiraan jarak yang di tempuh adalah sekitar 3 km. dari perjalanan air selama sekitar setengah jam ini anda akan selalu berdegup kencang karena walau perjalanan singkat tidak ada waktu anda untuk mendayung dikarenakan selalu ada jeram yang di lalui. ada peristirahatan sebentar selama beberapa menit (mungkin selama 2-5 menit) bisa untuk menenangkan senam jantung anda. dilakukan istirahat untuk diambil foto foto oleh operator tubing sebagai kenangan anda atau bisa di upload di grup whatsapp BBM juga facebook. menurut rekan saya yang pernah arung jeram di Magelang tepatnya kali elo berpendapat bahwa tubing di senatah ngargoyoso waktunya lebih singkat dan tidak terlalu capek secara fisik. akan tetapi jauh lebih ekstrim dan jauh memicu adrenalin dibanding kali elo walau secara debit air lebih sedikit akan tetapi dari segi arus dan halang rintang bebatuan jauh lebih asyik dan dahsyat, dikarenakan selalu arus dan jeram maka pada kali senatah tidak diperlukan dayung.
yang bikin capek sebenarnya adalah perjalanan selesai pulang tubing karena melewati undak undakan bekas PLTA (pembangkit Listrik Tenaga Air) yang sudah tidak aktif lagi. Jumlah undak undakan yang di lewati adalah sekitar 135 anak tangga. Lumayanlah untuk bikin pegal kaki dari betis sampai dengan paha. Dengan biaya 50 ribu untuk lokasi dewasa dan 20 ribu rupiah untuk lokasi anak-anak anda sudah bisa menikmati wisata adrenalin di kali senatah Ngargoyoso. Untuk hari libur sebaiknya anda melakukan kontak kepada pengelola karena banyak yang berkunjung, akan tetapi jika sinatah telah penuh anda bisa mengalihkan ke lokasi tubing gunung cilik. untuk tubing gunung cilik disampaikan teman saya katanya lebih ekstrim, tapi saya juga belum meng iya kan. bagaimana bisa bilang lebih ekstrim kalo dia belum mencoba yang kali senatah :D .

Demikian pengalaman tubing di daerah ngargoyoso pada kali senatah adventure.


Thanks for reading & sharing wisata karanganyar

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
loading...