Home » , » Bayar pajak motor di samsat kabupaten Karanganyar

Bayar pajak motor di samsat kabupaten Karanganyar

Posted by wisata karanganyar on Minggu, 20 Agustus 2017


kantor samsat kabupaten Karanganyar
kantor samsat Kabupaten Karanganyar

Piknikkaranganyar.blogspot.com
Saat ini kendaraan bermotor atau sepeda motor sudah merupakan barang yang sangat lumrah dimiliki oleh warga penduduk kabupaten Karanganyar. Hampir di semua rumah di Karanganyar terdapat kendaraan bermotor. Bahkan satu rumah bisa memiliki lebih dari satu kendaraan. Akibat dari melimpahnya kepemilikan kendaraan berakibat juga kepada keramaian jalan raya, pendapatan PAD yang meningkat serta kemerosotan penghasilan kru Bus maupun angkot (angkutan Kota)

Berbagi pengalaman dalam bayar pajak kendaraan bermotor di samsat kabupaten Karanganyar, pajak yang di bayarkan adalah pajak tahunan (bukan pajak ganti plat). Pembayaran ini di lakukan di samsat Kabupaten Karanganyar (dan dalam pajak tahunan bisa juga di bayarkan di samsat keliling yang akan di bahas selanjutnya pada tulisan ini).

Karena pembayaran dilakukan pada hari senin maka jumlah pembayar pajak lebih banyak dari pada hari yang lain. Hal ini terjadi karena hari minggu pelayanan di kantor pajak libur. Sehingga yang bayar pajak tanggal tersebut menjadi bergeser ke hari senin yang berdampak pada jumlah orang yang mengurus perpanjangan atau ganti plat stnk dan yang lain terkait perpajakan kendaraan bermotor.
yang perlu di siapkan untuk bayar pajak kendaraan bermotor

Tentunya sebelum melakukan pembayaran kendaraan ada beberapa hal baik berupa administrasi maupun keuangan yang perlu dipersiapkan guna kelancaran dalam kepengurusan pajak kendaraan bermotor di daerah kabupaten Karanganyar. Ada 3 hal yang perlu disiapkan dalam rangka membayar pajak tahunan. Yang istilah dalam samsat disebut dengan pengesahan STNK 1 tahun. Hal tersebut adalah :

- Uang untuk bayar pajak
- STNK Asli
- KTP Asli/SIM Asli

3 hal diatas mutlak diperlukan guna kepengurusan bayar pajak perpanjangan STNK (bukan yang ganti plat nomor). Apakah perlu fotocopy  STNK maupun KTP? Dalam system pembayaran pajak online di samsat Karanganyar, tidak diperlukan fotocopy KTP atau SIM maupun STNK. Cukup menunjukkan surat surat tersebut yang selanjutnya akan diproses dengan cepat.

Proses Bayar Pajak kendaraan bermotor di samsat Karanganyar

Di samsat kabupaten Karanganyar, ada 2 buah loket yang melayani pembayaran. Sepertinya ada pembagian dalam pembayaran yaitu loket pertama untuk perpanjangan STNK Tahunan dan loket kedua untuk kendaraan yang ganti STNK maupun Plat atau mutasi dll.
Dalam display samsat Karanganyar terdapat tulisan syarat-syarat pengesahan  STNK 1 tahun. Ada 4 hal yang disyaratkan yaitu
  1. Wajib Pajak Datang sendiri
  2. KTP & STNK Asli
  3. PKN Tidak telat 1 Tahun (bagi yang membayar di loket 1)
  4. Tidak Untuk Kendaraan Umum

Adapun proses dalam membayar pajak perpanjangan adalah. Datang sendiri ke samsat, kemudian akan di sambut oleh satpam/petugas dan di tanyakan untuk membayar pajak tahunan atau mengurus mutasi atau ganti plat dll. Setelah anda menyampaikan keperluan anda , selanjutnya akan di berikan kertas antrian dari print elektronik dan menuju loket dimana seharusnya anda antri.
pelayanan samsat kabupaten Karanganyar

salah satu petugas samsat Kabupaten Karanganyar

Setelah anda mendapatkan nomor antrian dari petugas. Silakan menuju lokasi tempat seharusnya anda membayar pajak. Silakan duduk untuk menunggu panggilan antrian sesuai nomor urut yang anda miliki.

Setelah sampai pada nomor antrian anda maka akan terdengar panggilan dari mesin yang memanggil “ nomor urut dua ratus sekian.. atau sesuai dengan nomor yang di panggil. Selanjutnya silakan maju menuju meja petugas dan menyerahkan STNK asli dan KTP asli. Jika tidak ada KTP bisa di ganti dengan SIM asli. (jangan lupa lepaskan STNK dari plastik). Setelah beberapa saat di proses petugas, dilanjutkan anda akan di panggil nama dalam stnk tersebut untuk membayar sejumlah uang sesuai dengan kewajiban pajak yang harus dibayarkan.

Berapa lama proses pembayaran STNK Tahunan?

Menurut saya sebenarnya waktu untuk membayar mulai proses mengumpulkan STNK KTP kepada petugas sampai dengan pembayaran dan penerbitan STNK sangat cepat. Kemungkinan kisaran waktu 3-7 menit saja. Akan tetapi yang membuat lama dalam pembayaran adalah antrian banyaknya pembayar pajak. Sehingga waktu antri berlipat lebih lama dibandingkan dengan waktu pemprosesan penerimaan, pembayaran dan penerbitan bukti bayar pajak.

Suasana dan Fasilitas di samsat Kabupaten Karanganyar.

Jika anda membayar pajak di kantor samsat Karanganyar anda akan menemukan parkiran yang agak luas, representatif. Selain parkiran, terdapat juga kantin (tapi sepertinya tidak buka), bagi yang muslim ada mushola yang relatif terawat, kamar mandi, depot penjual teh, ruang laktasi (untuk ibu menyusui bayi) dan juga ada ruangan khusus merokok. Selain itu juga terdapat akses bagi difabel untuk menuju kantor samsat. terdapat pula ayunan dari besi untuk anak kecil jika ada para wajib pajak yang mengajak anak anak mengurus pembayaran perpajakan kendaraan bermotor sehingga meminimalisir anak rewel di lokasi loket pembayaran. untuk kondisidalam ruangan samsat menurut saya relatif nyaman, didalamnya terdapat kursi besi yang sepertinya tidak empuk untuk duduk antri para wajib pajak. Mestinya ruangan tersebut ber AC.
ayunan anak di samsat karanganyar

Pelayanan di samsat karanganyar menurut saya sangat baik dan ramah serta cepat dan cekatan, selama syarat dalam melakukan pembayaran baik mutasi maupun yang lain lengkap, dan bahan ada maka saya yakin prosesnya akan sangat cepat
smoking area samsat kabupaten karanganyar

Pelayanan samsat Keliling Kabupaten Karanganyar

Selain bisa membayar di kantor samsat Karanganyar, ternyata untuk memudahkan kepengurusan pajak perpanjangan tahunan (bukan yang ganti plat) ada jadwal samsat keliling di Kabupaten Karanganyar.

Jadwal samsat Keliling Kabupaten Karanganyar

Adapun jadwal samsat keliling kabupaten karanganyar adalah :

Senin : Kec. Colomadu
Selasa : Kec. Jatipuro
Rabu : Pasar Gondangrejo
Kamis : Kecamatan Kerjo
Jumat : Kelurahan Karangpandan
Sabtu : Terminal Tawangmangu
Minggu : Depan samsat Karanganyar (car freeday, jam 05.30 s.d. jam 09.00 WIB)

Pemutihan pajak denda tahunan di Karanganyar

Mulai hari ini (tgl 21 Agustus 2017) sampai dengan bulan november 2017 diadakan pemutihan bagi pajak yang telat membayar tahunan, jadi yang di hapus adalah denda nya. Sedangkan untuk pokok wajib tetap dibayar. Ini berlaku bagi yang telat pajak tahun kemaren dan seterusnya. Sedangkan jika telat ditahun yang sama malah tetap terkena denda :D

Biaya tambahan diluar biaya pajak di samsat karanganyar

Selain biaya bayar pajak yang di bayarkan kepada petugas, ada tambahan biaya yang perlu anda siapkan pada waktu anda membayar pajak di samsat. Yaitu biaya parkir Rp. 2.000,- dan jika anda berkenan anda bisa menyumbang PMI sebesar 2.000,- (bukan keharusan untuk bayar).
karcis parkir samsat karanganyar

Komplain dan pengaduan

Bagaimana jika anda merasa ada hal yang merugikan atau pelayanan yang tidak baik dari samsat? ternyata ada prosedur dalam melakukan pengaduan dan komplain bila terjadi hal yang di anggap oleh wajib pajak merugikan atau pelayanan yang salah. ada 2 cara pengaduan yaitu. 1. pengaduan langsung, 2. pengaduan tidak langsung

Pengaduan langsung

Wajib pajak mendatangi loket pengaduan, selanjutnya melakukan registrasi, di tangani sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dan sesuai kewenangan, Selesai.

Pengaduan Tidak Langsung

Wajib pajak melakukan aduan melalui kotak saran atau pengaduan melalui call center, selanjutnya akan di tangani sesuai dengan tugas pokok fungsi dan sesuai kewenangan. selesai.

Begitulah terkait pembayaran pajak tahunan perpanjangan di samsat Kabupaten Karanganyar. tentunya berbeda dengan pajak 5 tahun yang mengganti STNK dan nomor plat kendaraan

Thanks for reading & sharing wisata karanganyar

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
loading...