Home » » Wisata Taman Bintang Kemuning Ngargoyoso Karanganyar

Wisata Taman Bintang Kemuning Ngargoyoso Karanganyar

Posted by wisata karanganyar on Kamis, 31 Mei 2018

Wisata Taman Bintang Kemuning Ngargoyoso Karanganyar
Pengalaman piknik darmawisata ke Taman Bintang di Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso yang berada di tengah area perkebunan Teh PT Rumpun Sari Kemuning. Mengunjungi tempat ini pada saat hari libur nasional Kenaikan Isa Al Masih tepatnya Kamis tanggal 10 Mei 2018.

Lokasi dan Rute menuju Taman Bintang Kemuning

baliho ucapan selamat datang di jalan menuju lokasi
Seperti Namanya, tempat refreshing ini terletak di daerah Sepelem Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, beberapa puluh meter dari Terminal dan Pasar Kemuning dan terletak di sebelah barat Kemuning resto. Di lokasi awal daerah perkebunan teh sebelum candi Cetho.
Terletak sekitar 10 km dari Terminal Karangpandan. Dan 40 Km dari Kota Solo.
Jika anda menggunakan bus umum dari terminal tirtonadi solo, pilih bus arah tawangmangu atau matesih, turun di Terminal Karangpandan kemudian lanjut dengan angkudes arah kemuning, turun di terminal, silakan berjalan kaki sedikit menuju lokasi. Prakiraan waktu dari solo sekitar 1 jam 15 menit.
Jika menggunakan kendaraan bermotor atau mobil, rute yang ditempuh sama. Dari Solo menuju Karangpandan, dilanjut ke Kemuning. Waktu tempuh diperkirakan 1 jam perjalanan.

Jam Buka Taman Bintang Kemuning

Umumnya tempat wisata, lokasi ini buka pada kisaran jam 08.00 WIB – 17.00 WIB. Dengan dikelola oleh masyarakaat sekitar maka para penjaga dan petugas yang laing berdomisili dekat dengan lokasi. Dengan begitu lebih praktis dan tepat waktu dalam buka tutup lokasi wisata.

Biaya Tiket Masuk Taman Bintang

Untuk ongkos masuk, satu orang dikenakan biaya Rp. 5.000,-. Dan sepertinya anak kecil tidak dikenakan biaya karena pada saat main ke sana dengan dua orang anak umur 5 dan 7 tahun kami kena charge Rp. 10.000,-.
tiket masuk taman bintang

Ongkos Retribusi Parkir Taman Bintang

Selian biaya masuk, ada pengeluaran lain yaitu biaya parkir. Untuk rincian biaya retribusi parkir adalah seperti dibawah ini :
  1. Sepeda Motor Rp. 2.000,-
  2. Mobil Rp. 5.000,-
  3. Minibus Rp. 10.000,-
  4. Bus Rp. 15.000,-

tiket parkir taman bintang
Harap diingat, ini adalah biaya retribusi parkir, bukan jasa penitipan. Sehingga jika ada kerusakan atau kehilangan motor maupun barang bawaan adalah resiko pemilik sendiri.

Fasilitas Obyek wisata taman bintang kemuning

Menilik langsung fasilitas yang dimiliki oleh taman ini tidaklah terlalu banyak, akan tetapi cukuplah untuk  relaksasi beberapa jam melonggarkan pikiran dan bersantai sejenak melupakan hiruk pikuk pekerjaan atau kepenatan pelajaran di sekolah. Adapun fasilitas yang bisa disampaikan diantaranya yaitu :

Warung makan

Merupakan warung makan satu-satunya di dalam lokasi wisata ini. Menyediakan pecel dan gorengan sebagai hidangan yang ditawarkan serta minuman teh juga minuman instan semisal milk shake coklat dan lain lain. Selain itu juga menjual teh khas menuning dalam bentuk kemasan yang rapi baik model wadah kertas maupun plastik.
resto di dalam lokasi wisata taman bintang
Harga makanan yang ditawarkan termasuk murah, gorengan @ Rp. 1.000,-, kemudian milkshake instan di bungkus gelas plastik Rp. 4.000,- serta teh khas Kemuning dijual Rp. 11.000,-. Dengan begitu harga pada warung makan ini adalah normal tidak di mark up sehingga tidak perlu ragu untuk mencoba beli makanan atau minuman di lokasi ini.

Tempat Selfie dan wefie

Dengan panorama yang indah serta bentangan kebun teh dan bangunan buatan manusia yang cukup menarik, ada beberapa titik spot sebagai arena untuk berfoto ria. Baik itu foto sendirian ataupun ramai ramai.



Kolam renang anak

Sebenarnya pada waktu masuk ke lokasi ini ditawari untuk main air bagi anak anak. Sayangnya tidak membawa ganti baju sehingga urung dilakukan. Dan sampai lupa untuk melihat lokasi tempat mandi, dikatakan bahwa airnya jernih dan berasal dari mata air di kaki gunung lawu.

Tempat Wudhu dan Masjid

Menempel pada lokasi piknik ini sebuah masjid yang bisa dikatakan menjadi satu dengan lokasi wisata. Sehingga bagi orang yang percaya hari akhir khususnya muslim bisa melaksanakan ibadah sholat wajib tanpa harus repot mencari tempat mushola atau masjid.

MCK

Tentunya selain berfungsi sebagai tempat wudhu, ada juga tempat untuk melakukan buang hajat baik itu BAB ataupun BAK.

Jumlah Pengunjung yang mampir

Pada saat liburan nasional tanggal merah, kami sampai di lokasi sekitar pukul 10 pagi. Walaupun jatuh pada hari kamis alias tidak long weekend, ada lumayan banyak pengunjung bersepeda motor dan juga beberapa kendaraan roda empat yang datang. termasuk terdapat rombongan menggunakan bus ukuran 3/4  atau bis dengan kapasitas kisaran 26 orang penumpang. jam 12 pulang dengan kondisi pengunjung yang relatif stabil dengan adanya kepulangan serta kedatangan.

Kesan Pengunjung di Objek wisata Taman Bintang

Kesan pribadi saat berkunjung adalah lokasi ini merupakan tempat untuk bersantai dan refreshing. Tempat menikmati hawa sejuk segar dengan aroma perkebunan teh yang khas. Tempat menyalurkan hobi foto selfie. Cocok untuk piknik para pasangan muda yang sedang PDKT atau gerombolan murid SMA beramai ramai, piknik keluarga besar maupun keluarga kecil. Waktu yang dihabiskan disini umumnya kisaran 1-2 jam. Dengan waktu tersebut mestinya semua titik sudah dijelajahi dan ada waktu nongkrong di warung makan.

Membaca komentar para pengunjung yang telah mendatangi tempat ini, kesimpulan yang didapatkan adalah ramahnya para pengelola, murah, asyik. Sedangkan beberapa saran yang disampaikan yaitu sebaiknya ada permainan untuk anak semisal ayunan anjutan atau semisal. Jangan lupa juga tempat sampah di beberapa titik strategis dan juga pada restoran yang sebelah atas. Dan juga dikuatkan bangunan yang ada sehingga tidak ada rasa waswas para pengunjung yang berjalan diatasnya  
Demikian reportase kali ini. Selamat datang di Ngargoyoso.

Thanks for reading & sharing wisata karanganyar

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
loading...