Home » , , , » Air Terjun Jumog Karanganyar

Air Terjun Jumog Karanganyar

Posted by wisata karanganyar on Minggu, 24 Januari 2016



air terjun jumog Karanganyar merupakan tempat wisata yang memadukan antara keelokan alam yang indah dan kesejukan dan kesegaran udara. selain itu dalam perjalanan menuju lokasi disuguhi dengan keindahan suasana desa yang meneduhkan suasana hati dan menjauhkan dari penatnya kesibukan pekerjaan dan problematika kehidupan. dan dari segi tiket masuk maka air terjun Jumog sangatlah bersahabat bagi semuanya. dengan biaya masuk Rp. 3.000,- hari biasa dan 5.000,- hari sabtu/minggu/libur merupakan harga yang terjangkau bagi semua kalangan baik dari kalangan pelajar, pas pasan maupun para juragan yang kaya raya. walaupun dengan uang tiga ribu rupiah bisa masuk tidak mencerminkan sebagai tempat wisata yang murahan karena wisata alam yang ditawarkan benar-benar memanjakan mata, meneduhkan hati dan mendapatkan udara yang segar. dilain itu ada tempat parkiran yang cukup untuk memarkir kendaraan yang ada. cukup biaya Rp. 1000,- untuk biaya parkir.

Air terjun Jumog terletak di kaki gunung lawu, dusun munggur kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, belum ada 10 tahun tempat wisata ini diperkenalkan ke khayalak ramai sehingga popularitas tempat wisata ini masih kalah jauh terkenal dari Grojogan sewu Tawangmangu. akan tetapi dengan situasi seperti ini maka keuntungan yang didapat adalah tempat wisata tidak terlalu ramai sehingga bisa benar-benar menikmati suasana dan tempat wisata dan ada, akan tetapi tempat wisata ini juga bukan tempat yang sepi, akan ada wisatawan lain yang mengunjungi sehingga rasa ketenteraman dan keamanan didapat dengan adanya wisatawan lain yang ada.


untuk piknik ke air terjun jumog, karena tidak ada akses kendaraan umum yang sampai di depan gerbang pintu masuk air terjun Jumog. jika memang menggunakan kendaraan umum maka wisatawan bisa naik kendaraan umum dari terminal Karangpandan (mungkin bayar Rp. 5000,-) dan turun di munggur, selanjutnya naik ojeg menuju lokasi. Umumnya para pengunjung mencapai kendaraan sepeda motor ataupun mobil pribadi. medan menuju lokasi wisata termasuk berkelok kelok dan ketinggian yang cukup, sehingga diperlukan konsentrasi yang lebih dan kendaraan dalam kondisi yang baik untuk mencapai lokasi. selain jalan yang berkelok dan naik, disebelah sisi ada tebing dan jurang yang dalam.

seperti judulnya, yang menjadi pokok dari objek wisata ini adalah air terjun yang mengalir lumayan tinggi, dengan cipratan air yang menyejukkan dan bisa menjadi alternatif hiburan di daerah karanganyar selain air terjun grojogan sewu tawangmangu, tempat wisata di karanganyar yang telah kondang sebelumnya dan telah bertahun tahun menjadi ikon kabupaten karanganyar dalam bidang wisata. beberapa tahun yang lalu kira kira tahun 80-90 an tawangmangu lebih terkenal dibanding dengan wilayah kabupaten karanganyar, secara fakta, tawangmangu adalah nama kecamatan di wilayah kabupaten karanganyar, bisa di samakan dengan kasus dimasa pulau bali lebih dikenal daripada indonesia. ada anekdot ketika seorang turis ditanyakan tentang indonesia, maka sang turis menjawab, indonesia? dimananya bali? sebuah jawaban yang menggambarkan sangat terkenalnya pulau Bali dan mengalahkan nama negara yang menaunginya. kira-kira situasi tahun 80-90 juga dialami oleh Kabupaten Karanganyar terhadap Tawangmangu dengan wisata air terjun nya.

Kembali ke grojogan Jumog, sangat dimungkinkan nanti Jumog akan mendapatkan popularitas yang mengalahkan Ngargoyoso sebagai nama kecamatan di wilayah Jumog bertempat, akan tetapi bukanlah suatu masalah jika itu terjadi karena lambat laun akan dikenal juga nama wilayah yang ada.

sarana pendukung yang lain adalah ada beberapa restoran dan warung makan yang berada di sekitar wilayah lokasi. misalnya bakso, mie ayam, ayam bakar, lele penyet dan yang lain. dengan harga yang termasuk wajar dan terjangkau. singkatnya sekitar 10-20 ribu untuk 1 orang makan. untuk tempat makan yang terkenal serta pemancingan terletak di daerah kemuning, jika menginginkan restoran anda bisa kembali ke daerah gentungan yang ada restoran yang bisa memenuhi kebutuhan perut anda. sedangkan untuk pembelian bensin, pom bensin yang paling dekat terletak di sebelah barat terminal Karangpandan, sehingga jika anda menginginkan mengisi bensin dapat membeli di kios kios bensin ataupun kelontong yang relatif mudah di ditemukan di pinggir jalan yang dilewati.

Saran jika berwisata ke Jumog adalah karena wisata ini air terjun maka disarankan untuk membawa ganti baju karena jika ingin menikmati secara serius suasana di jumog maka akan berbasah basah ria dan diperlukan ganti baju. selain itu karena cuaca yang sering hujan maka tidak ada salahnya anda membawa payung ketika ke jumog. dan mestinya juga mantol dan jaket.

sekiranya belum puas dalam menikmati wisata di Jumog, maka ada home stay yang relatif murah di sekitarnya. atau bisa menginap di hotel-hotel kelas melati di wilayah kemuning yang relatif dekat dengan jumog, kira-kira 15 menit dari lokasi air terjun. 


Semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing wisata karanganyar

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
loading...