Sapta Tirta Pablengan Matesih Karanganyar

Posted by wisata karanganyar on Minggu, 24 Januari 2016

Jika anda menginginkan wisata yang unik, di daerah pablengan ada sumber mata air yang dinamakan dengan sapta tirta, arti dari sapta adalah tujuh, sedangkan tirta berarti air. yang maksudnya adalah tujuh air. dinamakan dengan tujuh air ini karena keunikan yang terjadi. keunikan dimaksud adalah berupa 7 keunikan yaitu :
  1. Air Bleng. Airnya rasa asin. umumnya air digunakan untuk membuat karak. untuk masuk ke komplek ini dengan biaya 3000 dan diperbolehkan mengambil air secara gratis
  2. Air Hangat. Air dari sumber ini hangat. sehingga diyakini dapat menyembuhkan penyakit reumatik, gatal gatal dan sejenisnya.
  3. Kasekten. Kata kasekten dari kata sakti. karena diyakini bisa menguatkan seara jiwa dan raga serta menyucikan jiwa
  4. Air Hidup. Air hidup boleh untuk mencuci muka. dipercaya bisa menjadi awet muda. kadang diambil dalam rangka pernikahan.
  5. Air Mati. dilarang keras bersentuhan dengan air ini karena diyakini mengandung mineral yang berbahaya sehingga sebaiknya hanya menonton saja. Karena tidak diambil untuk keperluan maka air ini nampak stabil dari waktu ke waktu, tidak bertambah ataupun berkurang.
  6. Air Soda. Jika meminum air dari sumber ini maka akan terasa soda, selain itu ada yang meyakini bisa untuk menyembuhkan penyakit kelas berat seperti sakit ginjal, lever, gula, juga TBC.
  7. Air Urus-urus. Air dari sumber ini dapat dijadikan sebagai obat cuci perut, jadi tidak disarankan bagi anda yang sedang melakukan perjalanan jauh. :D
ke tujuh mata air ini terdapat dalam area sekitar 2 hektar. area ini terletak antara jalan karangpandan dengan astana giri bangun, jadi jika sebelum atau setelah ziarah ke astana giribangun akan dekat untuk bisa melihat keunikan sapta tirta ini.

untuk lokasi pom bensin terletak di karangpandan sebelum belok ke ara matesih, sedangkan area untuk makan banyak terdapat retoran, warung maupun hik di daerah karangpandan maupun matesih.

Thanks for reading & sharing wisata karanganyar

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
loading...